Type Here to Get Search Results !

Cerita Babad sunda

 Cerita Babad sunda Adalah salah satu jenis cerita yang isinya mengandung unsur sejarah, biasanya cerita ini berhubungan dengan suatu tempat yang dipercayai oleh masyarakat di jawa barat memiliki sebuah sejarah pada jaman dahulunya.

Naon ari carita babad téh? "Carita Babad nyaéta carita nu aya patalina jeung hiji petempatan nu dipercaya ku masyarakat ngarupakeun sajarah".


Cerita babad adalah bentuk cerita yang mengandung nilai sejarah atau sebuah cerita yang kental sekali hubungannya dengan sejarah. Dalam pustaka budaya sunda sendiri sebenarnya dulu tidak ada istilah dari kata babad, hanya disebut sebagai cerita sejarah saja misalnya carita Parahiyangan, carita Ratu Pakuan dan sebagainya, istilah babad ini berasal dari daerah jawa.

Isi dalam Cerita Babad

Isi cerita babad umumnya berupa cerita yang ada hubungannya dengan suatu tempat-tempat serta dipercaya sebagai sejarah. Kebanyakan cerita babad ditulis dalam bentuk wawacan beberapa contohnya misalnya seperti pada contoh cerita Babad Banten, Babad Cerbon, Babad Galuh, Babad Pajajaran, dan lain sebagainya.

Carita babad termasuk kedalam salah satu bentuk dari cerita dongeng atau karya sastra dalam bentuk prosa lama atau lancaran. Seperti yang kita ketahui, bahwa ada beberapa jenis dongeng yang diantaranya adalah dongeng fabel, parabel, mite, legenda dan juga dongeng babad atau sage.

Ciri Ciri Cerita Babad

Cerita babad biasanya menceritakan mengenai suatu tempat yang memiki sejarah, atau tentang peperangan dijaman dahulu, tentang kepahlawanan, keberanian, kesaktian, keajaiban seseorang dan tentang orang yang tersohor yang legendaris. Di dalam isi cerita babad atau sage ini juga biasanya panjang tapi banyak juga yang ceritanya pendek.


Unsur Cerita Babad

Apasaja yang struktur yang ada dalam cerita babad itu? Nah, unsur yang ada dalam cerita babad sendiri umumnya memiliki unsur seperti di bawah ini:

  • Jejer (Ide pokok carita)
  • Latar (Tempat, Waktu, jeung suasana dina carita)
  • Galur (Galur atawa alur carita)
  • Galur maju (Merélé)
  • Galur mundur
  • Galur maju - mundur
  • Amanat atawa pesan dina carita
  • Tokoh atawa palaku

Naskah pada cerita babad pada umumnya biasanya sangat panjang sekali bisa ditulis sampai beberapa halaman bahkan hingga ratusan, untuk itu perlu sekali untuk diringkas supaya lebih mudah memahami isi ceritanya. Cerita babad sunda yang ada di jawa barat memang jumlahnya terbilang banyak.

Bahkan bisa terdapat puluhan judul cerita dalam satu tempatbahkan bisa lebih, ada yang mudah di temukan dan ada juga yang sulit. Nah, dibawah ini adalah beberapa contoh cerita babad sunda pendek yang menceritakan bebepa sejarah tempat-tempat dijawa barat.

Tags

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.